Kamis, 09 Juli 2009

Respons orang terhadap telephon selulernya

Mini riset ini untuk mengetahui seberapa orang merespons thd panggilan telephon selulernya. Pertama saya menempatkan OP secara random sebanyak 23 org yang meliputi teman yang saya kenal dan belum saya kenal. Populasi dominan saya gunakan adalah temen alumni SMA jogsa.dan selebihnya teman yang lain. Dari 23 OP tersebut terdiri dari pria dan wanita. Saya sebagai peneliti mengalokasikan waktu untuk menunggu telfon diangkat selama 5-15 detik, seberapa cepat OP tersebut mmengangkat telephon selulernya. waktu yang digunakan peneliti yaitu kamis 9 juli 2009, antara pukul 08.00-16.00. peneliti mengulangi pekerjaannya 2-4 kali untuk orang yang belum merespons panggilan telphonnya.
Dari penelitian mini di atas, ternyata di dapat hasil yaitu OP yang menerima telephon sebanyak 12 orang, 3 orang tidak dikenal.sedangkan utk OP yang tidak menerima telephon 11 orang.
Tingkat validitas dari penelitian tersebut dapat dikotomikan antaranya : OP yang tidak menerima telephonnya mempunyai asumsi masing2.
Dari mereka memberikan jawaban lewat telphon maupun SMS ke telephon seluler saya.
Alasan dari OP yang tidak merespons telephon :
1. OP sedang tidur
2. sedang ada kuliah
Alasan dari OP yang menerima telephon :
1. OP sedang dalam perjalanan
2. OP mempunyai banyak waktu
3. sedang kerja
4. melaksanakan UAS di kampus
5. OP sedang berkumpul dengan relasinya

Akan tetapi tingkat kesahihan data di atas mengalami error untuk OP yang tidak merespons telephon, karena peneliti mengulang pekerjaannya(menelpon) di waktu yang berbeda. Dan akhirnya OP tersebut menjawab telephonnya.
Kesimpulan yang didapat bahwa dari 23 OP, maka selisih orang yang menerima dan tidak menerim,a telephonnya hanya sedikit yaitu 12 OP yamg menerima dan 11 OP yang tidak merespons telephonnya.
Peneliti menyadari apabila tingkat keerroran data masih ada.Terimakasih dan apresiasi tertinggi saya berikan kepada teman- teman yang telah membantu riset ini. Semoga dapat diapresiasi di ranah implementasinya. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar